MODUL AJAR IPA KELAS 7 SEMESTER 2/2022-2023

 

 

 

MODUL AJAR IPA

INFORMASI UMUM

A.                   IDENTITAS

Satuan Pendidikan

SMP NEGERI 13 BANDUNG

Guru Mata pelajaran

LEKA KARINA,S.Pd

Jenjang

SMP

Kelas / Fase

VII (Fase D)

Alokasi Waktu

3 JP

A.       KOMPETENSI AWAL

Peserta didik sudah memahami kecepatan benda.

B.Profil Pelajar Pancasila

·         Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia

·         Rasa ingin tahu

·         Bernalar kritis

·         kreatif

·         Mandiri

·         Bergotong royong

C.Sarana dan Prasarana

Alat dan bahan percobaan gerak dan gaya,poster,infografis ,Gadget, internet, buku paket

D..Target Peserta Didik

Reguler

C.Model Pembelajaran

Pembelajaran Kooperatif (STAD)

II. KOMPONEN INTI

A.                   CP

 

B.                   Tujuan Pembelajaran

Peserta didik memahami gerak, gaya

 

 

1.      Peserta didik memahami gerak melalui percobaan gerak di laboratorium

2.      Peserta didik memahami gaya melalui percobaan gaya di laboratorium

 

C.Pemahaman Bermakna

Dengan rasa ingin tahu yang besar, peserta didik dapat  memahami pengaruh gerak dan gaya  pada Hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari

D.Pertanyaan Pemantik

Mengapa dijalan tol ada batas kecepatan kendaran yang harus dipatuhi?



 

https://otomotif.kompas.com/image/2022/04/04/031200015/ini-batas-kecepatan-maksimal-berkendara-di-jalan-tol?page=1

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

·         Peserta didik berdoa.

·         Peserta didik diberi kesempatan melakukan refleksi awal terkait pemahaman awal materi yang akan dibahas, hal yang perlu dipersiapkan untuk belajar dan hal yang harus dikembangkan. Guru menyediakan daftar istilah penting dan pengertiannya pada bahan ajar untuk membantu siswa yang belum memiliki pengetahuan cukup terkait materi yang akan dibahas.

·         Peserta didik membaca tujuan pembelajaran/ petunjuk hand out/ petunjuk kegiatan.

Kegiatan Inti

·         Peserta didik memahami pengertian gerak,GLB,GLBB dan GJB beserta contoh dalam kehidupan sehari-hari

·         Peserta didik mengidentifikasikan Gaya dan Hukum Newton

Penutup

  • Peserta didik melakukan refleksi kegiatan pembelajaran.

·         Peserta didik diberi tugas review bab Gerak dan Gaya

Guru memberitahukan bahwa konten di pertemuan berikutnya adalah tentang Tekanan

A.                   Asesmen

·         Asesmen diagnostik non kognitif dan kognitif sebelum pembelajaran

·         Asesmen Formatif  tidak tertulis berupa laporan hasil kajian, observasi, jurnal anekdot serta performa  saat pembelajaran

·         Asesmen sumatif tertulis pada akhir pembelajaran berupa soal pilihan ganda, dan ,Soal berbasis AKM

B.Pengayaan dan Remedial

·         bagi peserta didik yang  belum paham/ belum terampil akan dilakukan pendampingan oleh guru

·         Bagi peserta didik yang sudah paham seutuhnya diberikan pengayaan dan melanjutkan ke tujuan pembelajaran berikutnya

C.Refleksi Peserta Didik dan Guru

Bagi peserta didik:

Kendala apa yang dialami dalam proses pembelajaran?

Apa saja upaya yang kalian lakukan untuk mengatasi kendala tersebut?

Bagi Guru:

Hal apa saja yang belum terlaksana dengan maksimal dalam pembelajaran?  faktor apakah yang menyebabkannya?

Bagaimana upaya tindak lanjut untuk memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran tersebut?






III. LAMPIRAN

LKPD

Konten


 

 

 

 

ASSESMEN NON KOGNITIF

a.

 

b. Buat pertanyaan kunci, seperti :

Pelaksanaan

 

Bagaimana perasaanmu setelah belajar hari ini?

Hal apa yang paling menyenangkan dan tidak menyenangkan?

Apa harapan kamu?

 

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN ASPEK MENUNJUKKAN RASA INGIN TAHU

NO.

NAMA SISWA

KELAS:

TANGGAL:

KELOMPOK:

RASA INGIN TAHU

 

 

1

2

3

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

Glosarium

Daftar Pustaka

Buku paket IPA kelas VII Kurikulum Merdeka

  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR IPA KELAS VII SEMESTER 1 2022/2023

GERAK DAN GAYA