MODUL AJAR IPA KELAS VII SEMESTER 1 2022/2023

 

 

MODUL AJAR IPA

INFORMASI UMUM

A.                   IDENTITAS

Satuan Pendidikan

SMP NEGERI 13 BANDUNG

Guru Mata pelajaran

LEKA KARINA,S.Pd

Jenjang

SMP

Kelas / Fase

VII (Fase D)

Alokasi Waktu

3 JP

A.       KOMPETENSI AWAL

Peserta didik sudah memahami pengertian tentang IPA

A.                   Profil Pelajar Pancasila



·         Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia

·         Rasa ingin tahu

·         Bernalar kritis

·         kreatif

·         Mandiri

A.                   Sarana dan Prasarana

gadget, internet, buku paket

A.       Target Peserta Didik

Reguler

A.       Model Pembelajaran

Pembelajaran Kooperatif (STAD)

II. KOMPONEN INTI

A.                   CP

 

B.                   Tujuan Pembelajaran

Peserta mampu melakukan pengukuran terhadap aspek fisis yang mereka temui

 

·         Memiliki rasa ingin tahu tentang  cabang-cabang Ilmu Sains

Melalui peta konsep..

·         Memiliki rasa mandiri untuk mengetahui tokoh-tokoh ilmuwan dunia dan ilmuwan dalam negeri berdasarkan penemuannya.

 

 

 

 

 

A.                   Pemahaman Bermakna

Dengan rasa ingin tahu yang besar, peserta didik memahami bahwa ilmu sains ada dalam diri kita dan di sekitar kita,digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan seperti dokter dan perawat,arsitek,ahli computer,pilot dan lain-lain.

A.                   Pertanyaan Pemantik

·         Bagaimana proses terjadinya respirasi pada paru-paru?

·         Apakah ciri-ciri makhluk Hidup?

·         Bagaimana Bumi berevolusi pada matahari?

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

·         Peserta didik berdoa.

·         Peserta didik diberi kesempatan melakukan refleksi awal terkait pemahaman awal materi yang akan dibahas, hal yang perlu dipersiapkan untuk belajar dan hal yang harus dikembangkan. Guru menyediakan daftar istilah penting dan pengertiannya pada bahan ajar untuk membantu siswa yang belum memiliki pengetahuan cukup terkait materi yang akan dibahas.

·         Peserta didik membaca tujuan pembelajaran/ petunjuk hand out/ petunjuk kegiatan.

Kegiatan Inti

·         Peserta didik membuat peta konsep cabang-cabang Ilmu Sains

·         Melakukan literasi internet mencari penemu-penemu sains dunia dan dalam negri.

Penutup

  • Peserta didik melakukan refleksi kegiatan pembelajaran.

·         Peserta didik diberi tugas mencari foto penemu dunia dan penemu nasional beserta Riwayat penemuannya ditempel di buku tugas.

  • Guru memberitahukan bahwa konten di pertemuan berikutnya adalah tentang laboratorium IPA.

A.                   Asesmen

·         Asesmen diagnostik non kognitif dan kognitif sebelum pembelajaran

·         Asesmen Formatif  tidak tertulis berupa laporan hasil kajian, observasi, jurnal anekdot serta performa  saat pembelajaran

·         Mari Uji kemampuan Kalian Hal 6 Buku paket IPA 7

·         Asesmen sumatif tertulis pada akhir pembelajaran berupa soal pilihan ganda

A.                   Pengayaan dan Remedial

·         bagi peserta didik yang  belum paham/ belum terampil akan dilakukan pendampingan oleh guru

·         Bagi peserta didik yang sudah paham seutuhnya diberikan pengayaan dan melanjutkan ke tujuan pembelajaran berikutnya

A.                   Refleksi Peserta Didik dan Guru

Bagi peserta didik:

Kendala apa yang dialami dalam proses pembelajaran?

Apa saja upaya yang kalian lakukan untuk mengatasi kendala tersebut?

Bagi Guru:

Hal apa saja yang belum terlaksana dengan maksimal dalam pembelajaran?  faktor apakah yang menyebabkannya?

Bagaimana upaya tindak lanjut untuk memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran tersebut?






III. LAMPIRAN

LKPD

 

1.ISILAH PETA KONSEP BERIKUT!

CABANG-CABANG ILMU SAIN

 

2.JODOHKAN PERNYATAAN DAN JAWABAN BERIKUT!

 

  

NO

ILMUWAN

PENEMUAN

1

A.penemu radioaktivitas

2

B, menemukan perangkat telepon


3

C.Penemu teori Relativitas

4

D. Teori Crack pada industri penerbangan

5

E.mendesain sistem kelistrikan arus bolak-balik (AC)

 

Konten


 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sains adalah pengetahuan sistematis tentang alam dan dunia fisik, termasuk di dalamnya, botani, fisika, kimia, geologi, zoologi, dan sebagainya; ilmu pengetahuan alam.


Cabang-Cabang Ilmu Sains

1. Biologi

Biologi adalah salah satu cabang sains yang mempelajari tentang makhluk hidup.

Baca Juga: 6 Cabang Ilmu Sains dan Fokusnya, Jawaban Materi IPA Kelas VII SMP

Beberapa cabang biologi di antaranya seperti: Zoologi (ilmu tentang binatang); Botani (ilmu tentang tumbuhan); Entomologi (ilmu tentang serangga); Mikrobiologi (ilmu tentang makhluk hidup yang sangat kecil dan harus menggunakan mikroskop untuk melihatnya).

2. Fisika

Fisika adalah cabang sains yang mempelajari tentang gejala dan fenomena alam dan sifat benda-benda di sekitar manusia termasuk perpindahan dan energi.

Beberapa cabang ilmu Fisika seperti Mekanika (gerak benda), Elektronika (arus listrik dan magnet); dan Optika Geometris (alat-alat optik).

3. Kimia

Kimia merupakan salah satu cabang sains yang mempelajari tentang materi (elemen, sifat, hingga perubahannya).

Beberapa cabang kimia seperti farmasi, radiokimia, kimia organik, dan kimia anorganik.

4. Geologi

Geologi merupakan ilmu tentang bumi dan perubahannya, cabang ilmu ini mempelajari tentang vulkanologi (gunung berapi), seimologi (gempa bumi), dan paleontologi (fosil untuk mengetahui umur tempat atau kebudayaan tertentu).

5. Astronomi

Cabang sains ini mempelajari tentang planet, bintang, dan alam semesta.
Semua benda langit dipelajari dalam cabang ilmu ini.

6. Ekologi

Ekologi merupakan cabang sain yang mempelajari tentang interaksi atau hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan di sekitarnya.

Bidang ilmu ini membahas tentang berbagai permasalahan lingkungan seperti polusi dan efek perubahan iklim hingga dampaknya ke kepunahan hewan tertentu.

Sains tak hanya ada di sekitar kita, tapi juga ada dalam diri tiap manusia.

Sains berkaitan erat dengan kehidupan manusia setiap harinya dan dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia.

Para ilmuwan sains merupakan orang-orang yang bekerja untuk melakukan berbagai penelitian dan pengembangan ilmu Sains yang berguna untuk mendukung kehidupan manusia.

Beberapa contoh ilmuwan yang berjasa mengembangkan Sains dan

Beberapa contoh ilmuwan yang berjasa mengembangkan Sains dan temuan-temuannya yang berguna untuk kehidupan manusia sampai hari ini.

Contohnya: Albert Einstein, Thomas Alfa Edison, Galileo Galilei, Charles Darwin, Wright Brothers, dan masih banyak lagi.

 

 

 

ASSESMEN NON KOGNITIF

a.

 

b. Buat pertanyaan kunci, seperti :

Pelaksanaan

 

Bagaimana perasaanmu setelah belajar hari ini?

Hal apa yang paling menyenangkan dan tidak menyenangkan?

Apa harapan kamu?

 

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN ASPEK MENUNJUKKAN RASA INGIN TAHU

NO.

NAMA SISWA

KELAS:

TANGGAL:

KELOMPOK:

RASA INGIN TAHU

 

 

1

2

3

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

PENILAIAN SUMATIF 

PILIHAN GANDA

1. Beberapa contoh ilmuwan yang berjasa mengembangkan Sains dan temuan-

    temuannya yang berguna untuk kehidupan manusia sampai hari ini.

   

2.Penemuan tentang teori relativitas dan bidang kedigantaraan adalah penemuan ilmuwan berikut

   Ini:

   A.Nicholas Tesla dan BJ.Habibie

   B.Thomas Alva Edison  dan Bambang Widiatmoko

   C.Alexander Bell dan Marie Curie

   D.Albert Einstein dan BJ.Habibie

Kunci : D

 

 

Glosarium

Sains : ilmu pengetahuan sistematis tentang alam dan dunia fisik.

Zoologi : ilmu tentang hewan

Astronomi : ilmu tentang planet,bintang dan alam semesta

 

Daftar Pustaka

https://kids.grid.id/read/473384719/pengertian-dan-cabang-cabang-ilmu-sains-ipa-kelas-7-smp-tema-1?page=all

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_penemu

Buku paket IPA kelas VII Kurikulum Merdeka

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GERAK DAN GAYA