MODUL AJAR IPA KELAS 7 SEMESTER 1

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            MODUL AJAR IPA

INFORMASI UMUM

A.                   IDENTITAS

Satuan Pendidikan

SMP NEGERI 13 BANDUNG

Guru Mata pelajaran

LEKA KARINA,S.Pd

Jenjang

SMP

Kelas / Fase

VII (Fase D)

Alokasi Waktu

2 JP

A.       KOMPETENSI AWAL

Peserta didik sudah memahami Pengukuran kualitatif dan kuantitatif

A.                   Profil Pelajar Pancasila

·         Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia

·         Rasa ingin tahu

·         Mandiri

A.                   Sarana dan Prasarana

Kertas milimeterblock,daun monokotil dan dikotil,gelas ukur, kunci logam,tali ,batu kerikilgadget, internet, buku paket

A.       Target Peserta Didik

Reguler

A.       Model Pembelajaran

Pembelajaran Kooperatif (STAD)

II. KOMPONEN INTI

A.                   Tujuan Pembelajaran

Bersikap teliti dalam melakukan pengukuran kuantitatif  benda beraturan dan tidak beraturan Panjang dengan menggunakan millimeter blok dan percobaan  menggunakan gelas ukur mengukur volume

A.                   Pemahaman Bermakna

Dengan rasa ingin tahu yang besar, peserta didik memahami bahwa bentuk-bentuk di alam semesta beranekaragam

A.                   Pertanyaan Pemantik

·         Bagaimana cara mengukur luas papan tulis dan volume  lemari di Lab, apakah alat ukurnya?

·         Bagaimana kita akan mengukur daun atau volume batu?

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

·         Peserta didik berdoa.

·         Peserta didik diberi kesempatan melakukan refleksi awal terkait pemahaman awal materi yang akan dibahas, hal yang perlu dipersiapkan untuk belajar dan hal yang harus dikembangkan. Guru menyediakan daftar istilah penting dan pengertiannya pada bahan ajar untuk membantu siswa yang belum memiliki pengetahuan cukup terkait materi yang akan dibahas.

·         Peserta didik membaca tujuan pembelajaran/ petunjuk hand out/ petunjuk kegiatan.

Kegiatan Inti

·         Peserta didik mengukur luas daun monokotil / dikotil dengan menggunakan milimeter blok.

·         Melakukan percobaan mengukur volume batu dan kunci dengan gelas ukur

Penutup

  • Peserta didik melakukan refleksi kegiatan pembelajaran.

·         Peserta didik diberi tugas Membuat laporan hasil praktikum  dalam bentuk media PPT, Canva, dll sesuai kegemaran peserta didik

  • Guru memberitahukan bahwa konten di pertemuan berikutnya adalah tentang pengukuran Suhu

A.                   Asesmen

·         Asesmen diagnostik non kognitif dan kognitif sebelum pembelajaran

·         Asesmen Formatif  tidak tertulis berupa laporan hasil kajian, observasi, jurnal anekdot serta performa  saat pembelajaran

·         Asesmen sumatif tertulis pada akhir pembelajaran berupa soal pilihan ganda

A.                   Pengayaan dan Remedial

·         bagi peserta didik yang  belum paham/ belum terampil akan dilakukan pendampingan oleh guru

·         Bagi peserta didik yang sudah paham seutuhnya diberikan pengayaan dan melanjutkan ke tujuan pembelajaran berikutnya

A.                   Refleksi Peserta Didik dan Guru

Bagi peserta didik:

Kendala apa yang dialami dalam proses pembelajaran?

Apa saja upaya yang kalian lakukan untuk mengatasi kendala tersebut?

Bagi Guru:

Hal apa saja yang belum terlaksana dengan maksimal dalam pembelajaran?  faktor apakah yang menyebabkannya?

Bagaimana upaya tindak lanjut untuk memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran tersebut?






III. LAMPIRAN

A.                  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

TUJUAN

Mengukur luas dan volume benda tidak beraturan

MATERI

ALAT DAN BAHAN

1.Daun monokotil,daun dikotil

2.Kertas milimeter blok

3.Benang,

4.Gelas ukur

5.Batu kerikil

6.Kunci logam

 

 

PETUNJUK KERJA

Petunjuk penggunaan LKPD ini adalah sebagai berikut:

1. Kerjakan LKPD secara mandiri !

2. Kerjakan LKPD secara berurutan ! 

3. Amatilah gambar-gambar yang disajikan !

 

 

MENGUKUR LUAS BENDA TIDAK BERATURAN

 

A.Mengukur luas daun




 

1.Gambarlah daun monokotil/dikotil di kertas milimeter blok.

2.Hitung jumlah kotak 1cm2 dalam gambar daun,jika kotak kurang dari 1/2 terisi

  diabaikan,jika kotak ½ atau lebih terisi dihitung 1

3.Hitung luas daun= jumlah kotak dalam gambar daun x 1cm2

 

B.Mengukur volume benda tidak beraturan

  Menggunakan Gelas Ukur

  1. Menyiapkan gelas ukur yang telah diisi air 40-50 ml.
  2. Catat volume air mula-mula.
  3. Masukkan benda yang sudah diikat tali  (kunci ) yang akan dicari volumenya.
  4. Catat volume air setelah benda dicelupkan.
  5. Hitung volume benda tercelup dengan menggunakan selisih volume air yang telah dicelupi benda dengan volume air mula-mula.
  6. Ulangi untuk mengukur batu kerikil.

 

Isilah Tabel hasil Percobaan:

no

Benda

Volume air mula-mula (V1)

Volume air mula-mula (V2)

Volume benda

(V2-V1)

1

KUNCI LOGAM

………ml

……..ml

…….ml

2

BATU KERIKIL

……….ml

…….ml

……..ml

 

 

 

 

 

PERTANYAAN DAN DISKUSI

 

1.       Apakah perbedaan mengukur luas daun dengan luas papan tulis?Mengapa?

2.       Bagaimana mengukur volume benda tidak beraturan berdasarkan percobaan di atas?

 

 

Konten

 Mengukur luas dan volume benda tidak beraturan

Faktor yang penting untuk diperhatikan dalam mengukur luas daun adalah ketepatan hasil pengukuran dan kecepatan pengukuran. Masing-masing faktor tersebut memiliki kepentingan sendiri dalam penggunaannya, seperti pada pengukuran laju fotosintesis  dan proses metabolisme lain tentunya ketepatan pengukuran yang diperlukan. Untuk pengukuran indek luas daun tentunya kecepatan pengukuran yang diperlukan. Namun demikian ketepatan dan kecepatan pengukuran sangat tergantung pada alat dan cara atau teknik pengukuran (Bambang dan Haryadi 2008). Salah satu cara

 Dengan Metode Kertas Milimeter

Metode ini menggunakan kertas milimeter dan peralatan menggambar untuk mengukur luas daun. Metode ini dapat diterapkan cukup efektif pada daun dengan bentuk daun relatif sederhana dan teratur. Pada dasarnya, daun digambar pada kertas milimeter yang dapat dengan mudah dikerjakan dengan meletakkan daun diatas kertas milimeter dan pola daun diikuti. Luas daun ditaksir berdasarkan jumlah kotak yang terdapat dalam pola daun. Sekalipun metode ini cukup sederhana, waktu yang dibutuhkan untuk mengukur suatu luasan daun relatif lama, sehingga ini tidak cukup praktis diterapkan apabila jumlah sampel banyak.

 

Pengukuran Volume Benda yang Bentuknya Tidak Teratur

Gelas ukur yang diisi air bisa digunakan untuk mengukur volume benda yang bentuknya tidak teratur. Gelas ukur adalah gelas atau tabung kaca yang dilengkapi dengan skala pengukuran volume di bagian luarnya.

Menggunakan satu buah gelas ukur

Apabila Mengukur Volume benda tidak teratur misalnya batu maka alat ukur yang tepat digunakan adalah

Untuk mengukur volume benda yang bentuknya tidak teratur dapat ditentukan dengan pengukuran tidak langsung. Ada dua cara yang dapat kamu lakukan untuk mengukur volume zat pada secara tidak langsung yaitu menggunakan gelas ukur yaitu satu gelas ukur atau satu gelas ukur dan satu gelas berpancuran.

Apabila ingin mengukur volume dengan cara menggunakan satu gelas ukur caranya sebagai berikut :

  1. Letakkan gelas ukur di atas permukaan yang rata, misalnya meja.
  2. kemudian isilah gelas ukur tersebut dengan air kira-kira setengahnya. Amati dan baca skala yang ditunjukkan, nyatakan pengukuranmu sebagai v1.
  3. Masukkan batu ke dalam gelas ukur tersebut. Amati dan baca skala yang ditunjukkan, nyatakan pengukuranmu sebagai V2.
  4. Tarik kesimpulanmu untuk menyatakan volume batu tersebut yaitu dengan cara menentukan selisih dari hasil kedua bacaan. Secara matematis, rumus untuk menghitung volume benda tak beraturan dengan menggunakan gelas ukur adalah sebagai berikut :

Vb= V2 – V1

Keterangan :

  • Vb adalah volume benda yang akan kita hitung
  • V1 adalah Volume mula-mula atau awal
  • V 2 adalah Volume setelah benda dimasukkan atau volume akhir

 

 

 

ASSESMEN NON KOGNITIF

a.

 

b. Buat pertanyaan kunci, seperti :

Pelaksanaan

 

Bagaimana perasaanmu setelah belajar hari ini?

Hal apa yang paling menyenangkan dan tidak menyenangkan?

Apa harapan kamu?

 

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN ASPEK MENUNJUKKAN RASA INGIN TAHU

NO.

NAMA SISWA

KELAS:

TANGGAL:

KELOMPOK:

RASA INGIN TAHU

 

 

1

2

3

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

PENILAIAN FORMATIF

 

PENILAIAN SUMATIF

Uraian:

1.Berapakah Volume Batu tersebut jika diukur

   menggunakan  menggunakan Gelas Ukur seperti pada Gambar

 

 

2.Perhatikan gambar di bawah ini.

   Dapatkah luas daun dikur?Bagaimana caranya.

   Menurutmu berapakah luasnya?

jk

 

 

Glosarium

 

Milimeterblok : Disebut milimeter blok karena dalam satu kotak persegi 1 x 1 CM terdapat 10 x 10 mm persegi

Kuantitatif : data berupa angka

Gelas ukur : peralatan laboratorium umum yang digunakan untuk mengukur volume cairan.

 

Daftar Pustaka

https://www.utakatikotak.com/cara-mengukur-daun-dengan-menggunakan-kertas-petakkotak/kongkow/detail/14777

https://www.bintannews.com/2021/10/pengukuran-volume-benda-yang-bentuknya-tidak-teratur.html 

Buku paket IPA kelas VII Kurikulum Merdeka

                                                                                                                                                                                                                                                                                                               

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR IPA KELAS VII SEMESTER 1 2022/2023

GERAK DAN GAYA